Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:53 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Daya Juang Dan Strategi Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Pendidikan Dan Bahasa Atma Jaya Angkatan 2016 Yang Berorganisasi
Bibliografi
Author: GADIS, MARGARETHA YOBELLA ; Mamahit, Henny Christine (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bernadetha Oktarina Mardiastuti’s Undergraduate Theses.pdf (177.65KB; 100 download)
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan tugas atau tanggung jawab akademik yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas-tugas penting. Daya juang adalah kemampuan individu dalam upaya menghadapi segala hambatan dan kesulitan selama proses mencapai suatu tujuan tertentu secara optimal dan maksimal. Strategi regulasi diri adalah kemampuan individu untuk mengontrol perilakunya sendiri dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya juang dan strategi regulasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa FPB Unika Atma Jaya Jakarta angkatan 2016 yang Zerorganisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa FPB Unika Atma Jaya angkatan 2016. Sampel penelitian yang diambil adalah mahasiswa FPB Unika Atma Jaya angkatan 2016 yang berorganisasi sebanyak 59 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berbentuk skala penilaian. Instrumen prokrastinasi akademik terdapat 34 pernyataan dengan reliabilitas 0,925. Instrumen daya juang terdapat 37 pernyataan dengan reliabilitas 0,947. Intrumen strategi regulasi diri terdapat 40 pernyataan dengan reliabilitas 0,948. Hasil penelitian hubungan daya juang dan strategi regulasi diri dengan prokrastinasi akademik diperoleh r hitung sebesar 0,323. Besarnya r tabel dengan jumlah subjek penelitian 59 dan taraf signifikan 5% adalah 0,256. Berdasarkan hasil tersebut r hitung lebih besar dari r tabel yang berarti adanya hubungan antara daya juang dan strategi regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 10,43% yang berarti daya juang dan strategi regulasi diri memberikan kontribusi sebesar 10,43% terhadap prokrastinasi akademik dan 89,57% lainnya dapat dikontribusikan oleh variabel lain seperti penyesuaian diri, dukungan sosial, dan harga diri. Saran dari penelitian ini kepada Kepala Program Studi Fakultas Pendidikan dan Bahasa untuk dapat mempertahankan strategi regulasi diri dan daya juang yang telah dimiliki mahasiswa, serta mengurangi prokrastinasi akademik secara khusus dalam pengerjaan tugastugas kuliah. Saran dari penelitian ini kepada dosen Pembimbing Akademik mahasiswa untuk dapat memantau secara periodik hasil studi mahasiswa dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa untuk dapat memiliki daya juang dan pengaturan diri agar tidak menunda-nunda dalam penyelesaian tugas kuliah. Saran dari penelitian ini mahasiswa dapat menjadikan hasil
penelitian ini sebagai baha refleksi diri dan menindaklanjuti penelitian ini dengan pendekatan kualitatif berupa penerapan teknik konseling tertentu untuk menangani masalah prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)