Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:34 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Self-Esteem pada Mahasiswa Pre-Klinik FKIKUAJ terhadap Perilaku Compulsive Buying
Bibliografi
Author:
Joewana, Satya
(Examiner);
Suryani, Eva
(Advisor);
Astiarani, Yunisa
(Advisor);
Jonathan, Johanna
Topik:
Compulsive buying
;
Harga diri
;
Mahasiswa Kedokteran
;
Online shopping
;
Self-esteem.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Johanna Jonathan_RegKTI_2018.pdf
(857.24KB;
66 download
)
Abstract
Latar Belakang: Kemudahan untuk melakukan kegiatan berbelanja di Indonesia saat ini menyebabkan negara Indonesia disebut sebagai negara yang konsumtif. Salah satu dari perilaku konsumtif itu adalah compulsive buying. Perilaku compulsive buying biasanya didorong oleh perasaan harga diri (self-esteem) yang rendah, kecanduan membeli produk tertentu, adanya tekanan depresi, dan emosi negatif, serta fantasi yang berlebihan. Peneliti ingin mengidentifikasi pengaruh self-esteem mahasiswa pre-kinik FKIKUAJ terhadap perilaku compulsive buying.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada mahasiswa pre-klinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2015, 2016, dan 2017. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner demografi, kuesioner Compulsive Buying Behavior oleh Edwards dan kuesioner Coopersmith Self Esteem Inventory. Data dianalisa menggunakan metode chi square.
Hasil: Terdapat 557 mahasiswa pre-klinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang menjadi responden penelitian ini, diantaranya 67.9% perempuan dan 32.1% laki-laki. Sebanyak 0.9% responden tergolong dalam high buyer dengan self-esteem yang rendah, sedangkan sebanyak 26.7% responden tergolong dalam recreational buyer dengan self-esteem yang tinggi. Ditemukan adanya pengaruh self-esteem terhadap perilaku compulsive buying (p=0.000)
Kesimpulan: Ditemukan adanya pengaruh self-esteem terhadap perilaku compulsive buying.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.234375 second(s)