Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sektor pariwisata mendapat perhatian khusus yang dibuktikan dalam masuknya pariwisata kedalam sektor prioritas “Nawa Cita” Joko Widodo–Jusuf Kalla. Sektor pariwisata juga dinyatakan sebagai leading sector bagi perekonomian nasional. Pariwisata diharapkan dapat membantu pertumbuhan sektor lain yang ada di Indonesia serta membentuk nation image baik bagi Indonesia. Maka menjadi penting untuk mengetahui dan menganalisis citra pariwisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara. Penelitian ini mengkaji enam dimensi nation brand dan kaitannya dengan image Indonesia. Selain itu kaitan pariwisata dalam keenam dimensi nation brand juga mencerminkan image bagi Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan untuk menganalisis nation brand Indonesia ditinjau melalui sektor pariwisata serta citra pariwisata Indonesia terhadap nation image Indonesia. Data primer diperoleh melalui (1) wawancara mendalam terhadap sembilan wisman dan (2) observasi tidak terstruktur terhadap nada, ekspresi, gaya bicara dan perilaku narasumber. Data sekunder diperoleh dari berbagai studi kepustakaan yang sesuai dengan pembahasan dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa ditinjau melalui sektor pariwisata, Indonesia mempunyai nation brand yang baik. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan kontribusi pariwisata pada setiap dimensi nation brand yaitu pariwisata, ekspor, investasi, budaya, tata kelola dan sumber daya manusia yang mencerminkan pandangan positif wisatawan mancanegara terhadap Indonesia. Wisatawan mancanegara juga memberikan penilaian baik terhadap citra pariwisata Indonesia yang ditunjukkan melalui asosiasi positif pada aspek kognitif dan aspek afektif yang memberi dampak positif terhadap citra negara Indonesia. |