Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:55 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Materi Bangun Ruang Di Kelas V Sd Negeri Palmerah 23 Pagi
Bibliografi
Author: Sachputri, Yolanda Prisca ; Revina, Shintia (Advisor)
Topik: Media benda konkret; matematika; hasil belajar; sifat-sifat bangun ruang
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yolanda Prisca Sachputri's Undergraduate Theses.pdf (17.52MB; 6 download)
Abstract
Didalam pembelajaran matematika, konsep-konsep matematika yang dipelajari seringkali bersifat abstrak sehingga siswa, terutama siswa Sekolah dasar menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Selain itu siswa juga menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sangat membosankan. Ini salah satu alasan yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran khusus nya dalam pembelajaran matematika. Dalam mengatasi hal tersebut menggunakan media benda konkret yang berasal dari benda-benda nyata yang mudah didapatkan dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Media benda konkret dapat memiliki fungsi selain untuk memberi pengalaman nyata dalam kehidupan siswa juga berfungsi untuk menarik minat belajar siswa. Dalam menggunakan media benda konkret bertujuan untuk terhindarnya siswa dari sekedar mengetahui suatu konsep matematika tetapi tidak memahami maknanya. Penggunaan media benda konkret dalam proses pembelajaran memiliki tujuan yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan mencapai target dan standar ketuntasan yang sudah ditetapkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa khususnya dalam pembelajaran geometri yang berisi konsep-konsep yang memerlukan media dalam pembelajaran. Media pembelajaran tersebut ialah medai benda konkret. Jenis metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti, bersama rekan guru sebagai observer, dan 32 siswa kelas V SD Negeri Palmerah 23 Pagi yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian terlihat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata pada sikus 1 adalah 72,81dan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 80,2. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunakan media benda konkret dalam pembelajaran matematika khususnya materi sifat-sifat bangun ruang dapat disarankan karena memfasilitasi proses belajar siswa dari tahapan konkret ke abstrak dimana seterusnya penggunaan gambar dalam pembelajaran geometri dapat dimaknai lebih baik oleh siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)