Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan konsumen wanita muda berdasarkan keterlibatan konsumen terhadap kosmetik Maybelline, memahami bagaimana brand personality Maybelline pada cluster, dan sikap konsumen terhadap merek Maybelline pada cluster. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan kepada 165 responden yang merupakan konsumen wanita muda yang sekiranya menggunakan atau mengetahui mengenai produk kosmetik Maybelline. Penelitian ini menggunakan analisis cluster, one-way anova dan regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat 3 cluster konsumen wanita muda berdasarkan keterlibatannya terhadap kosmetik, 3 cluster ini yaitu cluster Uninterested and casual, cluser interested and carefree, dan cluster Enthusiast yang memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap brand personality Maybelline dan terdapat perbedaan brand attitude terhadap Maybelline antara 3 cluster. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan brand personality terhadap brand attitude. |