Anda belum login :: 27 Nov 2024 04:07 WIB
Detail
BukuPenerapan Pembelajaran Tematik DI SD Strada Santo Ignatius Jakarta Utara
Bibliografi
Author: MELERU, HENY MAGDALENA ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Pembelajaran Tematik; Penerapan Pembelajaran (Pembelajaran; Pelaksanaan; Dan Penilaian )
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Heny Magdalena Meleru’s Undergraduate Theses.pdf (1.49MB; 7 download)
Abstract
Peningkatan mutu pembelajaran sangat dibutuhkan dewasa ini. Pemerintah telah menyempurnakan berbagi hal dalam kurikulum. Penyempurnaan itu termuat dalam kurikulum 2013 yang terkait dengan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema tertentu untuk menggabungkan beberapa mata pelajaran, materi, dan kompetensi dengan berbagai pendekatan konsep yang memungkinkan siswa baik secara kelompok maupun individu aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip ilmu secara menyeluruh siswa secara konkrit dan mendapat pengetahuan serta pengalaman baru yang bermakna dari pembelajaran. Penerapan pembelajaran tematik terpadu yang dicanangkan pemerintah yang sesuai dengan kurikulum 2013 telah dilaksanakan di beberapa sekolah dan dilakukan pada sekolah yang telah ditunjuk seperti SD Strada St. Ignatius Koja Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di SD Strada St.Ignatius Koja Jakarta Utara yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran pada kelas I dan IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Strada St. Ignatius Koja Jakarata Utara, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah dan 12 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan pengumpulan angket, observasi dan wawancara kelompok kecil serta dokumentasi. Teknik pengumpilan data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan silabus guru mengikuti panduan dari Strada Pusat. RPP perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, dalam pelaksanaannya diharapkan guru dapat terus berinovasi serta kreatif mengembangkan tema yang telah ditetapkan sehingga prinsip dalam tematik yaitu memadukan beberapa mata pelajaran menjadi satu tema dan sub tema dapat tidak terlihat, guru diharapkan juga trampil melaksanakannya serta memberi makna baru bagi siswa lewat pengetahuan dari sumber belajar lain juga media. Dengan pengetahuan yang bersumber dari materi lain yang ditunjang juga media yang menarik tentu akan membawa peserta didik dalam suasana baru dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak berpusat pada guru namun siswa turut aktif dalam setiap
proses pelaksanannya. Meskipun akan terus maju perkembangan jaman, guru diharapkan juga terus mengembangkan diri dengan sumber belajar yang baru yang sesuai dengan perkembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan oembahasana di SD Strada St.Ignatius Koja Jakarta Utara sudah menerapkan pembelajaran tematik sejak tahun 2014 secara bertahap sampai sekarang akan tetapi masih banyak kendal-kendala yang ditemui dalam penerapannya. Dalam penerapannya diharapkan guru-guru disarankan untuk lebih banyak lagi mengikuti pelatihan dan sosialisasi secara menyeluruh mengenai kurikulum 2013.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)