Penelitian ini membahas mengenai komparasi atau perbandingan peran public relations dalam organisasi gereja Kristen di Jakarta. Public relations adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan public relations dengan studi komparasi pada gereja-gereja Kristen di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori budaya organisasi dan public relations. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode perolehan data wawancara dengan tiga orang informan yaitu dua orang dari GKRI Diaspora City Center dan satu orang dan GKI Kebayoran Baru, yang berlatar belakang sebagai gembala sidang, pendcta, dan pelayan gereja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations dibutuhkan dalam organisasi gereja di Jakarta. Dengan adanya peran public relations akan berdampak positif bagi organisasi gereja. |