Media Power Point adalah salah satu media pembelajaran yang sudah mulai dikembangkan di sekolah baik tingkat SD, SMP, dan SMA. Pada tingkat SD guru juga sudah mulai dilatih untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan, dapat memotivasi siswa, dan tidak monoton.. Namun dengan adanya media Power Point guru dapat menampilkan materi pembelajaran dengan contoh gambar yang konkrit, sehingga siswa bisa cepat menangkap materi pembelajaran dan fokus pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara penggunaan media Power Point dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik siswa kelas IV C dan IV D SD Katolik Ricci II Bintaro. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 100 orang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas IV C dan IV D yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi (mengumpulkan hasil belajar ipa), dan angket penggunaan media Power Point. Hasil dianalisis dengan dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV SD Katolik Ricci II Bintaro, peneliti menemukan bahwa fungsi kognitif menjadi faktor yang berpengaruh dalam teori empat fungsi media pembelajaran dengan rata rata skor sebesar3.37. 2. Media Power Point menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran di kelas, karena berdasarkan hasil instrumen angket siswa mengenai penggunaan media Power Point termasuk dalam kategori setuju dengan jumlah rata-rata skor sebesar 3.19. |