Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:48 WIB
Detail
BukuHubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro
Bibliografi
Author: PANDANGO, JOSEPH GALUAR CHRISTY ; Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor)
Topik: Gaya Belajar; Hasil Belajar Matematika Aspek Kognitif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Joseph Galuar Christy Pandango’s Undergraduate Theses.pdf (2.83MB; 45 download)
Abstract
Hasil belajar adalah perubahan nyata yang dicapai oleh siswa dilihat dari aspek kognitif setelah melalui proses belajar dalam suatu pembelajaran. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar adalah sebuah pendekatan mengenai bagaimana individu belajar untuk berkonsentrasi pada proses yang konsisten dalam menangkap stimulus atau informasi, sehingga dapat memecahkan soal dengan menggunakan kemampuan berfikir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro dengan jumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner gaya belajar. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian: 1. Hasil belajar matematika siswa yang diambil dari nilai raport, siswa kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro memiliki hasil belajar yang masuk kategori sangat baik. Ditunjukkan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 86,5 dengan nilai KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal) sebesar 75. 2. Siswa kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan jumlah siswa 19 dari 50 siswa dengan persentase sebesar 38%. Disusul dengan kecenderungan gaya belajar auditorial dengan jumlah siswa 14 dari 50 siswa dengan persentase sebesar 38%. Serta kecenderungan gaya belajar kinestetik dengan jumlah siswa 17 dari 50 siswa dengan persentase sebesar 34%. 3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro yang ditunjukkan melalui perhitungan secara menyeleruh dengan perolehan r hitung sebesar 0,731 yang menunjukkan angka lebih besar daripada rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,278 dengan 50 responden.
Berdasarkan penelitian ini guru disarankan guru sebaiknya lebih bisa memahami kecenderungan gaya belajar siswa agar dapat mengembangkan pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar siswa sehingga hasil belajar matematika meningkat khususnya untuk siswa yang masih mendapat nilai mendekati atau sama dengan KKM. Sekolah sebaiknya memberikan guru pembekalan terkait kecenderungan gaya belajar siswa sehingga menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa. Serta prodi PGSD Sebaiknya mengadakan forum ilmiah terkait dengan gaya belajar dan hasil belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)