Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Untuk mencapai tujuan yang disesuaikan dengan perkembangan kurikulum terkini, dalam penerapan proses pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran abad 21, ditemukan masalah yaitu kurang adanya pengembangan pada strategi pembelajaran dikarenakan guru cenderung menerapkan strategi pembelajaran di kelas yang berdasarkan panduan yang diberikan penerbit sehingga pada umumnya guru tidak perlu mengembangkan lagi strategi pembelajaran tersebut. Namun guru mengeluhkan kurang sesuainya strategi pembelajaran dari penerbit dengan perkembangan kurikulum 2013 revisi 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi pembelajaran tematik yang dapat menjadi contoh/referensi strategi pembelajaran yang mengacu pada perkembangan kurikulum 2013 revisi 2017 dan penerapan pembelajaran abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall menurut Sugiyono (2015). Proses pengembangan strategi pembelajaran ini dilakukan dengan tujuh langkah, yakni (1) melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV untuk mendapat innformasi kebutuhan akan strategi pembelajaran tematik, (2) mengumpulkan informasi mengenai prosedur penyusunan strategi pembelajaran tematik yang mengacu pada kurikulum 2013 revisi 2017, (3) desain produk berupa RPP, penilaian, dan LKS, (4) validasi ahli, (5) revisi produk berdasarkan masukan dari ahli, (6) uji coba produk pada kelompok kecil (10 siswa), (7) revisi produk akhir setelah uji coba sebagai penyempurnaan produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur kepada guru dan siswa pada tahap analisis kebutuhan dan angket untuk validasi desain. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari masukan wawancara dan validasi serta tanggapan setelah uji coba produk. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa strategi pembelajaran yang terdiri dari RPP, penilaian, dan LKS subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku, yang telah melalui beberapa tahap, yaitu tahap validasi ahli yang melibatkan empat orang dosen ahli dan satu orang guru kelas IV sebagai pengguna pada tahap uji coba produk, memperoleh hasil layak untuk digunakan di kelas IV sekolah dasar dengan revisi. Selain itu ditemukan pula respon siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta dapat dijadikan referensi bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran tematik berbasis saintifik yang mengacu pada kurikulum 2013 revisi 2017. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam upaya mengembangkan strategi pembelajaran tematik berupa RPP, penilaian, dan LKS, guru harus memperhatikan perkembangan proses pembelajaran yang ada dan lebih memperhatikan sistematika urutan kegiatan dan penggunaan alokasi waktu agar strategi pembelajaran yang dikembangkan efektif dan efisien. Bagi sekolah disarankan untuk memfasilitasi guru dalam kemudahan penerimaan informasi mengenai perkembangan kurikulum dan mengadakan pelatihan yang berkesinambungan berkaitan dengan pengembangan strategi pembelajaran tematik yang mengacu pada pembelajaran abad 21. Bagi mahasiswa dalam mata kuliah yang berkaitan dengan strategi pembelajaran tematik diberikan pelatihan yang berkesinambungan dan mengikuti perkembangan kurikulum yang ada dalam mengembangkan strategi pembelajaran demi terciptanya mutu dan kualitas proses pendidikan yang lebih baik. |