Masalah yang dihadapi guru terletak pada sulitnya menyusun strategi pembelajaran tematik, antara lain mengkaitkan KD dengan indikator yang ingin dicapai, kegiatan pembelajaran yang sesuai serta bentuk penilaian dengan tema dan subtema yang diajarkan. Hal ini menyebabkan guru hanya berpatokan pada buku pegangan siswa sebagai acuan dalam mengajar. Oleh kerena itu penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru membutuhkan contoh strategi pembelajaran tematik yang menampilkan kesesuaian kompetensi dasar dan indikaotr, serta menampilkan kegiatan yang menarik bagi siswa dengan dilengkapi rubrik penilaian. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk strategi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan penilaian pada pembelajaran tematik subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Proses pengembangan strategi pembelajaran peneliti lakukan melalui tujuh langkah yaitu: 1) Tahap potensi dan masalah, tahap ini peneliti lakukan dengan melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV untuk mengetahui strategi pembelajaran tematik. 2) mengumpulkan informasi berdasarkan hasil wawancara dan mencari data-data yang diperlukan dalam menyusun strategi pembelajaran tematik. 3) desain dengan menentukan tema, subtema merumuskan KD dan indikator pencapaian kompetensi, membuat jarring-jaring tema, RPP, LKS dan penilaian. 4) validasi ahli dilakukan oleh 3 orang dosen dan 4 orang guru sebagai pengguna. 5) revisi produk setelah peneliti melakukan validasi berdasarkan saran dan masukan yang sudah diberikan ahli. 6) Ujicoba kelompok kecil, 7) Revisi produk final sehingga dapat dihasilkan suatu strategi pembelajaran tematik lingkunga tempat tinggalku kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam mengembangkan strategi pembelajaran tematik diperlukan adanya pelatihan bagi guru dalam melakukan pemetaan kompetensi dasar, indikator, kegiatan serta penilaian dalam proses penyusunan strategi pembelajaran tematik. |