Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang mengaitkan beberapa muatan pelajaran membentuk sebuah tema tertentu yang di dalamnya terdapat berbagai pokok bahasan dengan tujuan memberikan kesan bermakna bagi peserta didik pada proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik di SD Tarakanita 5 Rawamangun, Jakarta Timur. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dirancang untuk membentuk sikap dan keterampilan peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas I sebanyak lima orang dan guru kelas IV sebanyak 5 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan focus group discussion. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD Tarakanita, khususnya guru kelas I dan Kelas IV telah melaksanakan pembelajaran tematik dengan baik. Pada aspek perencanaan guru menyiapkan dokumen pebelajaran berupa prota, prosem, silabus, pemetaan, dan penyusunan RPP. Hal ini dapat dilihat dari studi dokumentasi yang dimiliki oleh guru kelas I dan kelas IV. Pada aspek pelaksanaan guru menerapkan pembelajaran tematik terpadu model integrated dengan pendekatan saintifik. Hal ini nampak dalam proses pembelajaran yang peneliti observasi bahwa muatan pelajaran yang diajarkan kepada siswa disampaikan oleh wali kelas di luar muatan pelajaran Agama, Matematika, Olah Raga, dan Komputer. Proses penyampaian pembelajaran dengan menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik. Pada aspek penilaian guru melaksanakan dengan penilaian autentik. Hal ini nampak dalam studi dokumentasi, observasi, angket dan wawancara yang peneliti lakukan bahwa penilaian yang dilakukan guru mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan guru setiap hari selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Nilai sikap dilakukan guru melalui observasi selama periode tertentu. Hasil penilaian sikap berupa deskripsi yang menggambarkan perilaku peserta didik. Nilai pengetahuan dilakukan setiap hari berdasarkan Kompetensi Dasar, dan nilai keterampilan dilakukan guru sesuai dengan KD yang cocok untuk penilaian keterampilan. Nilai-nilai siswa tersebut dimasukkan dalam jurnal penilaian. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SD Tarakanita 5 dilaksanakan oleh semua guru kelas I dan kelas IV dengan mengikuti langkah-langkah yang diterapkan pemerintah yang diawali dengan proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan adanya perancangan materi yang sedemikian rupa mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah. Selain itu, guru perlu mengembangkan pendekatan saintifik dengan lebih baik lagi agar siswa semakin aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. |