Anda belum login :: 26 Nov 2024 15:05 WIB
Detail
BukuPengelolaan Kelas pada Pembelajaran SBdP di Kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Pagi.
Bibliografi
Author: LUKA, HELENA BENGA ; Samino, M. Francine Avanti (Advisor)
Topik: Pengelolaan Kelas; Pembelajaran SBdP
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Helena Benga Luka’s Undergraduate Theses.pdf (1.69MB; 5 download)
Abstract
Suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila proses pembelajaran berjalan secara interaktif, insipiratif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Guru memiliki pengaruh besar dalam membentuk pembelajaran yang efektif di kelas. Untuk membentuk pembelajaran yang efektif, guru harus mengelola kelas dengan baik. Agar dapat mengelola kelas dengan baik guru dapat menerapkan komponen keterampilan mengelola kelas dengan baik juga. Misalnya guru bisa menerapkan komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal serta komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal. Komponen keterampilan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan sebagai guru harus menerapkan di sekolah tersebut. Pembelajaran SBdP adalah untuk mengembangkan sikap dan kemampuan dalam berkarya seni dan berarpresiasi. Prmbemlajaran seni budaya dan prakarya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan anak dalam mencari bakat dan kemampuan untuk berkembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran SBdP. Dalam penelitian ini jumlah 2 guru dan 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjukan bahwa di sekolah SDN Bendungan Hilir 01 Pagi ini guru belum mengelola kelas dengan baik. Terbukti ketika peneliti melakukan observasi dan pengambilan data pengelolaan kelas tidak ada perubahan. Banyak peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas, walapun guru sudah menggunakan powerpoint dan beberapa gambar namun semua itu tidak diperhatikan oleh peserta didik. ada yang bermain dengan teman sebangkunya, ada yang keluar kelas dan kejar-kejaran di luar kelas, teguran guru di anggap biasa. Pada akhirnya guru membiarkan peserta didik bebas, dan beberapa siswa juga duduk di belakang kelas dan membaca komik itupun guru tidak menegur sama sekali. Diambil kesimpulan bahwa pengelolaan kelas pada pembelajaran seni budaya dan prakarya terdapat pengaruh yang besar bagi peserta didik jika guru kurang memaksimalkan pengelolaan kelas pada saat pembelajaran di sekolah bendungan hilir 01 pagi. Saran agar guru dapat mengelola kelas efektif dan efesien dengan cara menerapkan kedua komponen keterampilan mengelola kelas, yaitu komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar serta komponen keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal.
Daftar Pustaka : 20 (2008 - 2013)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)