Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perilaku konsumen generasi Y melalui media sosial. Generasi Y sangat bersosial, berorientasi teknologi, dan mengerti dengan media – media yang ada. Generasi Y bertumbuh seiringan dengan teknologi itu sendiri dan menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk – produk dan mengambil keputusan dalam mengkonsumsi. Generasi Y berinteraksi secara online untuk mendapatkan ulasan seputar produk yang mereka cari oleh para konsumen lainnya. Generasi Y juga memiliki kecenderungan untuk makan di luar, oleh sebab itu hampir sebagian besar dari total pengeluaran mereka disalurkan kepada makanan dan minuman. Kuesioner disebar kepada 150 pengunjung café specialty coffee di Jakarta Selatan, yaitu ST. ALi, One Fifteenth, Coffee Smith, Ruang Seduh, dan Trafique dengan pembagian 30 responden untuk setiap café. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan consumer opinion leadership (COL) dan consumer susceptibility to interpersonal influence (CSII) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku information seeking dan information sharing generasi Y dalam media sosial. baik secara keseluruhan maupun pengaruh masing-masing variabel. Sedangkan melalui uji beda Mann Whitney tidak ditemukan adanya perbedaan antara pria dan wanita dalam perilaku information seeking dan information sharing. |