Kemampuan dasar murid SMP berdasarkan peringkat Program for International Students Assessment (PISA) tahun 2015 tergolong rendah. Hal ini disebabkan sistem pendidikan Indonesia yang menekankan rote learning sehingga harus diubah menjadi meaningful learning. Kemampuan meaningful learning diukur melalui prestasi akademik berdasarkan tujuan pencapaian akademik. Prestasi akademik adalah hasil yang diperoleh melalui aktivitas belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol. Konsepsi belajar dan strategi motivasi memiliki hubungan dengan prestasi akademik. Konsepsi belajar adalah pandangan murid terhadap belajar yang dibentuk berdasarkan proses pembelajaran. Strategi motivasi adalah proses aktif dan konstruktif murid untuk menetapkan tujuan pembelajaran, melakukan pemantauan, mengatur, dan mengontrol kognitif, motivasi, dan perilaku sesuai dengan tujuan dan konteks lingkungan. Peneliti akan melihat hubungan konsepsi belajar, strategi motivasi, dan prestasi akademik murid SMP. Penelitian menggunakan desain korelasional dengan convenience sampling kepada 220 murid kelas satu dan dua SMP X dengan usia 12 hingga 14 tahun. Konsepsi belajar diukur dengan Conceptions of Learning Inventory (COLI) dari Peterson, Brown, dan Irving tahun 2010. Strategi motivasi diukur dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dari Liu et al tahun 2012. Prestasi akademik diukur berdasarkan rata-rata nilai rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Ketiga variable dianalisis menggunakan teknik statistik pearson product moment, spearman rank, t-test independent, dan mann-whitney u-test. Hasil analisis data ditemukan konsepsi belajar dengan strategi memiliki korelasi yang sedang. Analisis tambahan ditemukan bahwa murid yang memiliki kecemasan tidak berhubungan dengan seluruh domain dalam konsepsi belajar dan strategi motivasi. Efikasi diri murid tidak memiliki hubungan dengan konsepsi belajar adalah tugas. Prestasi akademik Bahasa Inggris memiliki hubungan yang sangat rendah dengan nilai intrinsik. Konsepsi belajar mendapatkan informasi, nilai intrinsik, dan prestasi akademik matematika merupakan domain-domain yang paling tinggi dimiliki murid. Analisis terakhir ditemukan tidak terdapat perbedaan konsepsi belajar, strategi motivasi, dan prestasi akademik berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan tingkat kelas. |