Perpustakaan sekolah adalah koleksi pustaka baik berupa buku dan non-buku yang berada dalam suatu ruangan yang ada di pendidikan dasar, lembaga pendidikan menengah, dan lembaga pendidikan atas yang dapat membantu membantu menunjang kegiatan pembelajaran dan mengembangkan minat baca siswa. Perpustakaan merupakan jantung dari sebuah sekolah dimana perpustakaan menjadi sumber informasi pengetahuan bagi seluruh warga sekolah. Tidak hanya itu, perpustakaan sekolah pun memiliki bagian yang cukup besar dalam menumbuhkan dan mengembangkan minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan potret perpustakaan sekolah sekolah SD St. Fransiskus Asisi Tebet. subjek penelitian adalah tujuh orang siswa yang mewakili kelas 3, 4 dan 5, dan seorang pustakawan SD St. Fransiskus Asisi Tebet, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perpustakaan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data dan informasi maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan hasil akan dianalisis serta disajikan dalam bentuk deskripsi. Berdasarkan pengumpulan dan analisis data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Perpustakaan SD St. Fransiskus Asisi Tebet masih belum dapat mencapai visi yang dimiliki secara sepenuhnya. Layanan perpustakaan sekolah SD St. Fransiskus Asisi sudah cukup baik, tetapi masih ada layanan yang belum dapat dipenuhi. Perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat membaca siswa SD St. Fransiskus Asisi Tebet masih belum optimal sehingga belum tampaknya minat membaca siswa SD St. Fransiskus Asisi Tebet. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan peran perpustakaan sekolah SD St. fransiskus Asisi Tebet masih belum optimal, maka dari itu disarankan untuk menambah petugas perpustakaan, memperbantukan siswa untuk membantu di perpustakaan, dan pustakawan dapat lebih bekerjasama dengan pihak sekolah atau pun guru untuk membuat program membaca siswa agar siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca di luar jam kunjung kelas. |