Teori Bruner adalah teori belajar bagi siswa agar dapat memahami suatu materi pelajaran. Teori Bruner adalah teori yang membimbing siswa belajar secara bertahap, mulai dari tahap enaktif yaitu pembelajaran menggunakan benda-benda konkret, tahap ikonik yaitu pembelajaran menggunakan gambar, diagram, yang merupakan penggambaran benda-benda konkret, dan tahap simbolik yaitu pembelajaran menggunakan simbol-simbol matematika. Teori Bruner juga dapat membuat siswa memahami dan menjelaskan kembali dalam bentuk lain yang mudah dipahami. Hal ini sesuai dengan pemahaman konsep yaitu mengerti dan memaknai pengetahuan hingga dapat mengungkapkan kembali pengetahuan tersebut dengan caranya sendiri. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas III SD Strada Van Lith I Jakarta Pusat dengan menerapkan teori Bruner. Penelitian dilakukan di kelas III SD Strada Van Lith I Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di kelas III yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan 10 orang. Waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih 8 bulan dari Desember 2017-Juli 2018. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan tahap-tahap teori Bruner dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu konsep yang diberikan. Siswa juga mendapatkan pengalaman belajar yang menghasilkan pemahaman konsep. Hal ini terbukti dari meningkatnya pemahaman konsep dari 60 di siklus I menjadi 71 di siklus II. Peningkatan tidak hanya rata-rata nilai pemahaman konsep di siklus I dan siklus II, namun juga pada setiap komponen. Pemahaman konsep pada komponen 4 menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu memperoleh rata-rata terendah dengan perolehan rata-rata 62 di siklus I menjadi 73 di siklus II. Pemahaman konsep pada komponen 2 menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis memperoleh rata-rata tertinggi dengan perolehan rata-rata 66 di siklus I dan 78 di II. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan menggunakan teori Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling, luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SD agar siswa tertarik, belajar secara bertahap mulai dari tahap enaktif yaitu pembelajaran menggunakan benda-benda konkret, tahap ikonik yaitu pembelajaran menggunakan gambar, diagram, yang merupakan penggambaran benda-benda konkret, dan tahap simbolik yaitu pembelajaran menggunakan simbol-simbol matematika, serta siswa akan termotivasi untuk belajar di kelas. sementara bagi sekolah disarankan untuk melakukan pelatihan bagi guru tentang teori Bruner dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep siswa |