Anda belum login :: 24 Nov 2024 14:59 WIB
Detail
BukuPengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Scracth 2 pada Mata Pelajaran IPA dengan Materi Bencana Alam bagi Siswa Kelas V di SD
Bibliografi
Author: HUTAPEA, ANNYZA PRATIWI ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pengembangan; Media interaktif; Aplikasi Scracth 2; Pembelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah selalu mengalami pembaruan, terutama dalam pemanfaatan media pembelajaran. Guru diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar bagi siswa yang lebih bermakna dengan menggunakan media. Media intraktif mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, audio, gambar dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif dengan menggunakan aplikasi Scracth 2 pada mata pelajaran IPA dengan materi bencana alam bagi siswa kelas V di SD.Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Development (RnD), dengan teori ADDIE sebagai acuan tahapan pengembangan. Ada 5 tahapan yang digunakan oleh peneliti yaitu tahap pertama yang di lakukan peneliti adalah tahapan analisis, di mana peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikum dan analisi materi. Kemudian peneliti melakukan tahap perancangan di mana peneliti membuat rancangan komponen media pembelajaran interaktif meliputi teks, audio, gambar, dan animasi. Kemudian peneliti melakukan tahap pengembangan, pada tahap ini dilakukan pengembangan media interaktif menggunakan aplikasi Scratch 2. Setelah itu peneliti melakukan tahap implementasi dilakukan dengan uji coba kelompok besar. Peneliti melakukan uji coba pada kelompok besar pada tanggal 24 Mei 2018 di kelas V di SDN Gondangdia 03 Pagi dan di SDN Gondangdia 05 Pagi. Tahap terakhir peneliti melakukan kegiatan evaluasi, berdasarkan evaluasi guru dapat disimpulkan bahwa media interaktif menggunakan aplikasi Scratch 2 sudah layak baik ditinjau dari segala aspek atau komponen. Beberapa hasil penelitian yang diperoleh adalah berupa manfaat nyata. Bagi siswa belajar lebih bervariasi, menyenangkan dan bermakna, sedangkan pada guru media interatif dikembangkan mempermudah guru menyampaikan materi. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk guru dapat mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran interaktif berupa aplikasi Scratch 2 di kelas V SD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)