Anda belum login :: 13 Mar 2025 10:15 WIB
Detail
BukuPengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bendungan Hilir 01
Bibliografi
Author: KURNIAWATI, VERONICA DINA ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pengaruh; Pembelajaran Berbasis Budaya; Pemahaman Konsep; Geometri
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Lampiran Veronica Dina Kurniawati’s Undergraduate Theses.pdf (3.94MB; 35 download)
Abstract
Pembelajaran berbasis budaya merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Hal tersebut dilakukan supaya proses pembelajaran yang dialami siswa menjadi proses pembelajaran yang bermakna dan dapat mendorong terjadinya proses berpikir kreatif dan sadar budaya. Dengan adanya proses pembelajaran berbasis budaya diharapkan siswa dapat merasakan adanya kebebasan untuk belajar dan menggali prinsip-prinsip dalam suatu mata pelajaran, menemukan hal-hal yang bermakna di sekelilingnya, dan mendorong siswa untuk membuka dan menemukan hal-hal yang baru. Dengan adanya proses penemuan kembali tersebut diharapkan pemahaman terhadap suatu konsep yang ada dalam pikiran siswa dapat diterapkan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis budaya terhadap pemahaman konsep geometri pada siswa kelas III SD Negeri Bendungan Hilir 01. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental design yaitu Nonequivalent Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yang berupa pretes dan postes, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis budaya berpengaruh pada peningkatan pemahaman konsep siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji peningkatan ternormalisasi yang menghasilkan nilai g sebesar 0,4. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang dikategorikan sedang setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis budaya. Selain dilakukan uji ternormalisasi, uji t juga dilakukan untuk melihat perbedaan peningkatan pemahaman konsep sebagai hasil belajar. Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 22, diperoleh nilai t sebesar 3,382 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran berbasis budaya dan hasil belajar dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis budaya supaya pemahaman konsep pada siswa terhadap materi menjadi lebih baik. Selain itu, sekolah juga diharapkan dapat memberikan dukungan dalam menerapan pembelajaran berbasis budaya tersebut supaya mutu pembelajaran di kelas menjadi lebih baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)