Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:58 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN MEDIA “MARBEL ABC” UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Bibliografi
Author: ANGEL ; Revina, Shintia (Advisor)
Topik: Marbel Abc; Kemampuan Membaca; Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Angel's Undergraduated.pdf (9.79MB; 26 download)
Abstract
Membaca adalah suatu upaya untuk memahami suatu makna yang tersimpan dalam lambang-lambang tertulis. Namun kenyataan yang ada di lapangan memperlihatkan masih cukup banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca. Hal tersebut terlihat berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanaan di dua sekolah, setidaknya terdapat 7-8 orang di setiap kelasnya. Kesulitan yang dialamipun beragam, mulai dari belum mengenal lambang huruf, kesulitan dalam mengeja, atau tempo mengeja yang cenderung lambat. Hal tersebut dirasa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sulitnya memahami informasi yang disampaikan oleh guru membuat siswa yang mengalami kesulitan membaca menjadi sulit mengikuti pelajaran dengan baik. Untuk mengatasi kesulitan tersebut dikembangkan sebuah media bernama “Marbel ABC”. “Marbel ABC” adalah media interaktif berbasis multimedia yang dikembangkan untuk kemampuan membaca siswa kelas I SD. Media Marbel ABC akan berbentuk games edukatif dengan konsep petualangan suatu karakter kucing bernama “Tom” yang akan berpetualang untuk membantu teman-temannya yang mengalami kesulitan untuk melewati suatu labirin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media “Marbel ABC” yang telah divalidasi oleh para ahli dan diuji cobakan di SD N Palmerah 23 Pagi, Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan metode Dick & Carey. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (a)Mengidentifikasi tujuan pembelajaran dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan guru, (b)Melakukan Analisis instruksional dengan melakukan telaah kurikulum, (c)Menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran dengan melakukan observasi dan wawancara dengan siswa, (d)Merumuskan tujuan pembelajaran khusus dengan merumuskan indikator, (e)Mengembangan media “Marbel ABC” menggunakan aplikasi scratch dan divalidasi oleh 3 ahli, (f)Merancang dan mengembangkan evaluasi formatif dengan melakukan uji coba satu-satu peserta didik di SD N 23 Palmerah, uji coba dilakukan dengan pretest dan posttest yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, (i)Melakukan revisi terhadap produk bersadarkan hasil uji coba yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk “Marbel ABC” yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media “Marbel ABC” dinyatakan layak untuk digunakan di lapangan dan menarik bagi siswa kelas I SD dan membantu siswa dalam belajar membaca, serta membantu guru dalam menarik minat siswa belajar membaca. Dengan demikian disarankan agar guru dan siswa dapat menggunakan media “Marbel ABC” ini karena memiliki manfaat dan efektif untuk digunakan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)