Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:32 WIB
Detail
BukuPeningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Media Visual Pada Kelas III C SDK RICCI II
Bibliografi
Author: EVIANI, KRISTINA LILI ; Revina, Shintia (Advisor)
Topik: Pemahaman Konsep Perkalian; Media Visual
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Kristina Lili Eviani's Undergraduate Theses.pdf (4.78MB; 32 download)
Abstract
Salah satu materi pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh siswa di sekolah dasar adalah materi perkalian. konsep perkalian seringkali diajarkan melalui pengajaran prosedural pada tahapan formal. Dalam pemahaman konsep perkalian, siswa seharusnya melalui tahapan informal, referensial dan general sebelum mempelajari tahapan formal. Pada tahapan tersebut, penggunaan media sebagai representasi visual berperan penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep perkalian siswa kelas III SDK Ricci II dengan menggunakan media visual. Media visual yang digunakan dalam penelitian adalah dengan model grouping dan model luas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDK Ricci II yang berjumlah 30 siswa dan guru kelas sebagai observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kegiatan pembelajaran pada siklus pertama, dilakukan di dalam kelas dengan dua kali pertemuan. Pada siklus I peneliti menggunakan media visual dengan Model Grouping untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bersifat komutatif. Penggunaan media visual dilakukan di dalam kelas dengan cara kerja kelompok. Sebelumnya siswa diberikan soal pretes untuk mengukur kemampuan awal siswa dengan diperoleh rata-rata 67,67. Pada pertemuan kedua diberikan soal postes dengan diperoleh rata-rata 79,17. Nilai tersebut sudah mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sekolah yaitu 75. Untuk memantapkan pemahaman konsep perkalian maka peneliti melakukan siklus II. Siklus II dilakukan menggunakan media visual dengan Model Luas untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bersifat distributif. Penggunaan media visual dilakukan di dalam kelas dengan cara kerja kelompok. Sebelumnya siswa diberikan soal pretes untuk mengukur kemampuan awal siswa dengan diperoleh rata-rata 89,83. Pada pertemuan kedua diberikan soal postes dengan diperoleh rata-rata 96,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Visual dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SDK Ricci II. Pada setiap siklus, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memperlihatkan bahwa pemahaman konsep perkalian dipahami siswa dengan bantuan media representasi visual dengan model grouping dan model luas. Saran yang diberikan oleh peneliti dari penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dengan media visual adalah bagi siswa disarankan untuk menggunakan media visual dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep perkalian sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Bagi guru disarankan untuk menerapkan penggunaan media visual dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa sehingga siswa tidak bosan dan tidak membenci pembelajaran matematika. Bagi sekolah disarankan selalu memberikan motivasi kepada guru untuk menggunakan media yang beragam untuk pembelajaran matematika. Salah satunya adalah dengan media visual ini agar guru lebih inovatif dan kreatif dalam mengajar. Bagi mahasiswa PGSD disarankan untuk memberikan referensi kepada mahasiswa agar mahasiswa yang tertarik bisa melakukan penelitian tentang peningkatan pemahaman konsep perkalian dengan media visual atau media lainnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)