Anda belum login :: 24 Nov 2024 21:29 WIB
Detail
BukuPengembangan Strategi Kegiatan Joyful Learning pada Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Kelas I Sekokah Dasar
Bibliografi
Author: WIDHOWATI, SANTY ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Pengembangan; Strategi; Joyful learning; dan Siswa Kelas I SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kelas I SD adalah kelas peralihan dari masa prasekolah. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik, yaitu dengan mengembangkan kompetensi dan strateginya dalam mengajar. Banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai oleh guru dan siswa, membuat para guru selalu menerapkan metode ceramah sehingga peserta didik merasa jenuh mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan contoh kegiatan yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan strategi kegiatan joyful learning pada tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku kelas I Sekolah Dasar. Model penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Subjek penelitian ini adalah guru kelas I sekolah dasar, dan objek dari penelitian ini adalah buku panduan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, serta hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pengembangan buku panduan guru: Tahap persiapan dan pengumpulan data melalui wawancara oleh lima orang guru dari lima sekolah yang berbeda dan lima siswa kelas I untuk memperoleh data atau informasi serta mengidentifikasi kurikulum 2013 revisi 2017 dalam pemetaan kegiatan joyful learning pada tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Tahap desain produk, yaitu dengan menentukan kegiatan-kegiatan joyful learning yang akan diaplikasikan, membuat silabus joyful learning dalam kurikulum 2013 revisi 2017, menyusun strategi kegiatan joyful learning pada Silabus Kurikulum 2013, menyusun RPP, membuat lampiran berupa PPT, langkah-langkah kegiatan joyful learning, dan soal evaluasi Tahap uji validasi oleh dua ahli diantaranya ahli isi/materi yaitu guru kelas I, dan ahli permainan yaitu dosen Atma Jaya berdasarkan saran dan masukan dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang lebih variatif dan sesuai dengan K13 Tahap revisi produk peneliti menambahkan kegiatan agar lebih variatif sesuai kurikulum 2013 Uji coba produk buku panduan joyful learning untuk mengetahui kelemahan pembelajaran joyful learning di empat kelas I Revisi final karena sebagai penyempurnaan produk buku panduan ini berdasarkan saran dan masukan dari guru dan siswa yaitu memberikan sedikit warna pada buku dan membuat langkah-langkah kegiatan agar lebih mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan buku panduan guru dalam mengembangkan kegiatan joyful learning perlu diadakannya pelatihan dalam membuat strategi joyful learning agar kualitas pembelajaran tematik dapat menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswa kelas I sekolah dasar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)