Media pembelajaran adalah suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara pendidik dan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Guru seyogyanya mampu memilih dan mengembangkan media yang tepat dalam pembelajaran di kelas agar pembelajaran dapat mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menggunakan Kurikulum 2013 dengan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Seiring dengan berkembangnya kurikulum yang ada di Indonesia, perkembangan teknologi informasi juga mendorong perubahan yang besar terhadap dunia pendidikan. Munculnya upaya pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar, salah satunya adalah penggunaan multimedia interaktif. Multimedia interaktif adalah gabungan dari teks, gambar, audio, dan video yang di dalamnya terdapat langkah-langkah instruksional yang didesain untuk melibatkan pengguna secara aktif baik secara fisik maupun mental di dalam proses pembelajaran. Salah satu software yang sudah populer dan bisa digunakan untuk membuat multimedia adalah Ms. Powerpoint. Prosedur pengembangan mengadaptasi model Borg dan Gall yang dimodifikasi model ASSURE dengan langkah-langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk ? utilize materials, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah multimedia interaktif dengan menggunakan perangkat lunak Ms. Powerpoint. Multimedia interaktif berisi enam pembelajaran dari satu subtema Keragaman Budaya Bangsaku. Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif dan buku panduan penggunaan multimedia interaktif yang sudah melalui tahap validasi dan uji coba. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil layak diujicobakan dengan revisi. Uji coba yang dilakukan adalah uji coba mandiri (satu-satu) oleh peserta didik dan uji coba terbatas (kelompok besar) oleh guru sebagai pengguna multimedia interaktif. Dari hasil uji coba, multimedia interaktif ini layak digunakan di dalam pembelajaran karena membantu guru untuk menjelaskan kepada anak dan anak sangat tertarik serta lebih fokus kepada pembelajaran. Multimedia interaktif juga dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar di rumah. Melalui pengembangan media pembelajaran ini, diharapkan guru memiliki keinginan dan motivasi untuk terus mengembangkan multimedia interaktif yang digunakan untuk membantu pembelajaran tematik di kelas IV SD. |