Anda belum login :: 17 Feb 2025 11:42 WIB
Detail
BukuPengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku kelas IV Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Anindyta, Pricilla (Advisor); PALMAWATI, CAECILIA EGA
Topik: Kurikulum 2013 Revisi 2017; Bahan Ajar; Pembelajaran Tematik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara runtut dan sistematis. Di dalam bahan ajar terdapat kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran. Bahan ajar sangat penting bagi siswa karena salah satu sumber belajar utama di kelas. Berkaitan dengan implementasi kurikulum 2013 revisi 2017, diperlukan adanya pengembangan bahan ajar tematik untuk mendukung belajar siswa di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), dengan model Dick n Carey yang terdiri dari sepuluh langkah. Langkah tersebut disederhanakan menjadi enam langkah, yaitu: mengidentifikasi kebutuhan khusus dan tujuan instruksional umum, melakukan analisis intruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, mengembangkan dan memilih bahan instruksional, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, serta merevisi kegiatan instruksional. Mengembangkan bahan ajar tersebut sesuai dengan perkembangan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara dan angket yang dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar tematik subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku, maka memeroleh kesimpulan: Pengembangan bahan ajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku mengacu pada teori Dick n Carey. Dari sepuluh tahap pengembangan, peneliti menggunakan enam tahap yaitu; mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional, menganalisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, mengembangkan dan memilih bahan instruksional, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, serta merevisi kegiatan instruksional dikarenakan empat tahap lainnya bukan prosedur dalam pengembangan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan telah dihasilkan produk berupa bahan ajar tematik subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku kela IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitiam, peneliti memberikan saran kepada guru untuk dituntut kreatif dan kritis dalam melihat esensi materi yang akan dicapai oleh siswa kelas IV SD sehinga, dapat mengembangkan bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu guru diharapkan untuk mengikuti pelatihan kurikulum 2013 yang difasilitasi dari sekolah maupun pemerintah untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan bahan ajar tematik. Selanjutnya sekolah dapat memfasilitasi guru untuk melakukan pelatihan yang berkaitan dengan bahan ajar tematik, sehingga guru dpaat dilatih juga kemampuan untuk mengakses dan mengolah informasi dari sumber-sumber lainya, seperti internet.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)