Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan pergantian komite audit, opini audit, manajemen laba, audit fee, dan proporsi komisaris independen sebagai variabel independen, terhadap opinion shopping sebagai variabel dependen dalam model penelitian pertama serta nilai earnings response coefficient, sebagai variabel dependen untuk model penelitian kedua. Penulis telah melakukan penelitian pada 1183 perusahaan untuk model penelitian pertama dan 608 perusahaan untuk model penelitian kedua. Populasi dari kedua model penelitian tersebut adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Berdasarkan hasil uji statistik untuk model penelitian pertama dengan menggunakan binary logistics regression dapat disimpulkan bahwa pergantian komite audit, opini audit, manajemen laba, audit fee, dan proporsi komisaris independen berpengaruh terhadap opinion shopping. Sedangkan model penelitian kedua yang menggunakan uji statistik regresi linear, dapat disimpulkan bahwa pergantian komite audit, opini audit, manajemen laba, audit fee, dan opinion shopping berpengaruh terhadap earnings response coefficient. |