Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:03 WIB
Detail
BukuGambaran Goals Process Pada Peserta Mooc (Massive Open Online Courses)
Bibliografi
Author: MONICA, THEODORA ; Purwanti, Margaretha (Advisor)
Topik: Goals Process; Peserta Mooc (Massive Open Online Courses
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Theodora Monica's Undergraduate Theses.pdf (561.64KB; 6 download)
Abstract
MOOC atau massive open online courses merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diakses individu secara online. Dalam perkembangannya MOOC ini mengalami peningkatan yang signifikan, dari jumlah MOOC yang ada sampai dengan jumlah peserta MOOC nya. Pada tahun 2013 dan 2014 peningkatan tersebut mencapai 327 % dan periode tersebut disebut merupakan “the Year of the MOOC”. Salah satu kelebihan MOOC adalah kontennya yang sebagian besar dapat diakses dimanapun secara gratis melalui internet, dan dapat memiliki jumlah peserta yang banyak dari berbagai negara. Akan tetapi kelebihan dan potensi dari MOOC ini tidak dibarengi dengan jumlah tingkat penyelesaian kursus pada MOOC. Selain banyaknya jumlah peserta MOOC di Indonesia dan antusiasme yang tinggi pada para anggota komunitas MOOC, tingkat dropout pada peserta MOOC tergolong tinggi. Permasalahan lainnya juga terlihat dari masih kurang dikenalnya MOOC oleh masyarakat awam, walaupun MOOC merupakan salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk konteks negara berkembang seperti Indonesia. Peneliti tertarik untuk mempelajari proses apa yang terjadi dalam pengambilan keputusan individu untuk berpartisipasi dalam kursus MOOC sampai selesai, ataupun sampai pada keputusan untuk dropout/berhenti kursus. Proses ini terkait dengan goal process yang merupakan proses dan dinamika individu yang terkait dengan proses pencapaian tujuannya, atau dalam konteks ini menyelesaikan MOOC dan mendapatkan sertifikat. Dalam goal process terdapat tahapan yang terjadi yaitu mulai dari goal establishment, planning, goal striving & monitoring, serta goal revision, attainment & revision. Untuk mengetahui gambaran goal process pada peserta individu peneliti menggunakan metode in depth interview dengan mewawancarai dua subjek dengan dua kriteria berbeda, berdasarkan jumlah penyelesaian kursus tiap subjek. Kriteria penyelesaian kursus ini diambil dari rata-rata penyelesaian MOOC pada sampel kuesioner anggota IDCourserians, yaitu lebih dari 13 untuk tingkat penyelesaian kursus tinggi dan kurang dari 13 untuk tingkat penyelesaian kursus rendah. Tiap subjek kemudian diminta untuk menceritakan pengalamannya dalam mencapai goalnya, yaitu menyelesaikan kursus yang selesai sampai akhir dan kursus yang dropout berdasarkan pada MOOC yang paling berkesan dan diingat individu. Dari kedua subjek itu akan dilakukan perbandingan untuk mengetahui gambaran goal process secara menyeluruh. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dari tahapan goal process¸sumber goal internal seperti motivasi & prioritas merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan individu untuk menyelesaikan kursus. Selain itu pada tahapannya tidak semua individu menerapkan tahapan pada goal process seperti planning secara sadar, namun keseluruhan proses tergantung dari komitmen dan tingkat kepentingan goal tersebut bagi individu.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)