Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:11 WIB
Detail
BukuBahasa iklan dan pemberdayaan perempuan: sebuah kajian komunikasi dan bahasa terhadap iklan TV produk "Citra" (artikel Jurnal Ranah Vol 1, No 2 tahun 2012)
Bibliografi
Author: Sukamto, Katharina Endriati ; Kartikawangi, Dorien
Topik: pemberdayaan wanita; tanda; penanda; petanda; JABFUNG-DK-2018-12
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: 3-5-1-SM.pdf (5.66MB; 6 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Memasarkan sebuah produk di media massa bertujuan untuk mencapai target penjualan produk tersebut. Di media televisi, pemasaran ini dilakukan melalui tayangan audio-visual yang biasanya mencakup narasi lisan dan visualisasi. Untuk memasarkan sebuah produk kecantikan, misalnya, umumnya ada alur cerita yang secara visual memarkan kecantikan perempuan yang menggunakan kecantikan tersebut. Secara bersamaan, pemirsa dapat mendengar narasi atau membaca tulisan yang menggambarkan alur cerita yang mempromosikan produk tersebut. Dalam hal ini, bahasa sebagai alat komunikasi dalam iklan memainkan peran yang sangat penting agar dapat mempengaruhi target pemasaran. Makalah ini akan membahas bagaimana produsen “Citra” mengangkat tema pemberdayaan perempuan Indonesia dengan mengkomunikasikan produk kecantikannya melalui bahasa iklan. Melalui pendekatan semiotika (de Saussure, 1966), makalah ini akan mengkaji lima buah iklan TV produk “Citra”. Lewat tanda-tanda bahasa yang dikomunikasikan dalam iklan ini, ada makna penting yang ingin disampaikan, yaitu bahwa perempuan Indonesia yang beraktivitas dan berdayaguna (penanda) dapat tetap tampil cantik mempesona berkat produk alami asli dari Indonesia (petanda).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)