Anda belum login :: 26 Nov 2024 10:07 WIB
Detail
ArtikelPemahaman kata anak dengan retardasi mental  
Oleh: Ratminingsih, Ni Made
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 9: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 9: Tingkat Internasional, page 11.
Topik: pemahaman kata; retardasi mental
Fulltext: 29.3 - PEM - N.M. Ratminingsih - UnDikSha - Pemahaman Kata Anak . . ..pdf (110.45KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 9
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelTopik penelitian ini adalah pemahaman kata anak yang berusia 11 tahun dengan retardasi mental. Penelitian ini dilakukan terinspirasi dari penelitian Dardjowidjojo (2000) terkait dengan pemerolehan bahasa anak Indonesia (Echa). Rumusan masalah penelitian mencakup (1) berapa jumlah pemahaman kata subjek dengan retardasi mental?, (2) apakah jenis-jenis respon yang digunakan oleh subjek untuk menunjukkan pemahaman kata?. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi partisipatif, catatan jurnal, dan elisitasi, selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata yang dipahami subjek pada usia 11 tahun berjumlah 430 kata, yang terdiri dari 227 nomina (52%), 139 verba (33%) dan 64 adjektiva (15%). Dari total jumlah kata yang dipahami tersebut, kemampuan pemahaman kata dari subjek sama dengan anak normal, yang berusia 2 tahun. Respon yang digunakan subjek untuk menunjukkan kemampuan pemahamannya berbeda-beda. Untuk pemahaman nomina, terdapat tiga macam respon yang digunakan yaitu gestur, menunjuk, dan memegang atau menyentuh. Sementara untuk pemahaman verba, subjek menggunakan gestur dan tindakan, dan untuk pemahaman adjektiva, digunakan beberapa cara merespon seperti menggeleng atau menggangguk, menunjuk ataupun tindakan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)