Anda belum login :: 27 Nov 2024 14:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kontribusi Kualitas Layanan Perpustakaan
Oleh:
Kusumawati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Marsela: Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia vol. 2 no. 2 (Jul. 2010)
,
page 19-41.
Topik:
Kualitas Layanan Perpustakaan
;
Perpustakaan
;
Informasi
;
Mahasiswa
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM85
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal yaitu Pertama; unttk menganalisa persepsi mahasiswa FITK tentang kontribusi perpustakaan dengan kurikulum FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kedua; untuk menganalisa upaya perpustakaan FITK memberikan kontribusi nyata terhadap prestasi belajar mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ketiga; untuk menganalisa hubungan kurikulum yang ditawarkan FITK terhadap prestasi belajar mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dan tujuan terakhir adalah mengidentifikasi implikasi dari hasil-hasil temuan penelitian pada tiap-tiap kemungkinan hubungan antara variabel bebas dan terikat. Metode yang digunaklan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional, yaitu untuk mendeteksi sejauhmana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain bedasarkan pada koefisien korelasi, yang diperoleh nantinya adalah taraf tinggi rendahnya hubungan tiap varian. Sumber utama yang digunakan penelitian ini, berupa data yang dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner langsung kepada responden, dokumen indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa, dan hasil wawancara. Data diolah menggunakan formula pearson's product moment, uji alpha cronbach dan chi square. pengolahan diproses secara komputerisasi, yaitu program excel untuk pengkodingan dan program SPSS (Statistics Program for Social Sciences) versi sebelas koma lima untuk analisa. Hasil penelitiannya, menunjukkan respon pengajar mengenai keberadaan perpustakaaan di fakultasnya, dengan hasil penelitian sebesar 0.784%, menandakan perpustakaan dapat berkontribusi terhadap kurikulum. Hal itu dikarenakan para pengajar cukup apresiatif dengan keberadaan perpustakaan sebagai sumber informasi terdekatnya. Sedangka perpustakaan tidak dapat berkontribusi untuk prestasi belajar, dilihat dari hasil penelitian yang diperolah sebesar 4.754%. Hal tersebut disebabkan derajatketerlibatan mahasiswa dalam menggunakan koleksi perpustakaan masih kurang, karena dalam pemenuhan kebutuhan informasi, mereka kurang mendapatkan yang aktual dan relevan dalam penyelesaian tugas dan belajar. Namun proses pembelajaran antara pengajar dengan mahasiswaberjalan dengan lancar, terlihat dari hasil kontribusi kurikulum terhadap prestasi belajar sebanyak 12.598%. Keberhasilan tersebut mencakup tiga ranah pembelajaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa. Tulisan ini menguatkan penilaian-penilaian objektif tentang perpustakaan yang terdapat dalam Pedoman Umum Perpustakaan Pendidikan Tinggi pada tahun 1980 yang menyebutkan bahwa semakin banyak pengguna maka akan semakin besar jumlah koleksi yang diperlukan. Dan pendapat Larry Hardesty pada tahun 1991 tentang pentingnya staff pengajar untuk dilibatkan dalam menyeleksi sebagian besar bahan pustaka untuk keperluan pengajaran dan penelitian. Dan juga menguatkan pendapat Noerhayati pada tahun 1987 tentang peran perpustakaan sebagai tempat segala informasi ilmiah yang mendukung program pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat di pendidikan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya keberadaan suatu perpustakaan yang menjadi sarana utama dalam menjalankan program pembelajaran disetiap lembaga pendidikan, namun ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk menunjang kebeerhasilan pembelajaran. Nilai suatu pendidikan tinggi, dilihat dari sejauh mana kualitas pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. Dan untuk menjangkau kebutuhan tersebut, semestinya mebuat titik layanan seperti perpustakaan fakultas.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)