Anda belum login :: 27 Nov 2024 08:24 WIB
Detail
ArtikelKompetensi Pustakawan dan Teknologi Informasi Untuk Menigkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Nasional  
Oleh: Rumani, Sri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Visipustaka: Majalah Perpustakaan vol. 10 no. 3 (Dec. 2008), page 16-20.
Topik: Kompetensi Pustakawan; Teknologi Informasi; Kualitas Layanan
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: VV7.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelMemperoleh informasi adalah hk setiap orang, oleh karena itu sudah selayaknya kalu informasi tiu mudah diakses dengan yang murah . Kehadiran teknologi informasi di perpustakaan diakui memberikan dampak positif bagi pemustaka dan pustakawan, sehingga dapat menigkatkan kualitas layanan. Namun tidak jarang justru denagn teknologi dapat menghambat akses informasi, sehingga pustakawan merasa dirugikan. Kondisi ini dapat terjadi karena pustakawan sebagai motor penggeraknya belum siap dan tidak mempunyai kompetensi di bidang teknologi informasi. Dalam tulisan ini akan diuraikan bagaimana kompetensi pustakawan Indonesia dalam menghadapi teknologi informasi yang berkembang sangat cepat. Berdasarkan pengamatan ternyata di Indonesia belum ada standar kompetensi pustakawan. Saat ini baru disiapkan oleh Perpustakaan Nasional sebagai pembina semua jenis perpustakaan di Indonesia. Teknologi informasi diyakini dampak meningkatkan kualitas pelayan, sehingga idealisme yang diharapkan harus mengindahkan kualitas SDM, ragam koleksi, saran dan prasarana, manajemen pelayanan, dan sistem yang komprehensif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)