Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:40 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Alat Tes Psikologi Konteks Indonesia: Tantangan Psikologi di Era MEA (artikel Jurnal Psikologi Ulayat, Vol. 3. No. 1 Juni 2016, hlm. 1-6)
Bibliografi
Author:
Suwartono, Christiany
Topik:
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
;
alat tes psikologi
;
adaptasi tes
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan
Tempat Terbit:
Tangerang
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
Alat Tes.pdf
(296.35KB;
22 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Abstract
Saat ini Indonesia sedang memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN
(MEA). Hal ini merupakan suatu kesempatan emas sekaligus tantangan untuk lebih bisa
mengidentifikasi potensi bangsa agar dapat memberikan kontribusi di wilayah ASEAN,
bahkan dunia. Salah satu hal yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah dengan adanya alat tes psikologi yang handal dan terpercaya. Sayangnya di Indonesia, realisasi hal ini
terhambat karena upaya yang diberikan pun sedikit. Alat tes yang tersedia sudah
tertinggal jauh dari versi aslinya, baik secara isi maupun standarisasinya. Ditambah lagi,
beredarnya bocoran soal-soal tes yang dapat diakses oleh masyarakat awam. Hal ini
membuat validitas sekor yang diperoleh dipertanyakan. Upaya untuk memperbaharui
tes-tes tersebut dapat dilakukan dengan cara adaptasi tes. Comission mengeluarkan panduan mengenai adaptasi tes untuk menjamin validitas hasil
adaptasi sebuah tes tertentu. Hal ini dilakukan agar tes yang diadaptasi tetap memiliki
nilai manfaat yang memadai. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat
alat tes sendiri yang tujuannya sudah disesuaikan dengan konteks serta kebutuhan
lapangan. Terjalinnya kerja sama yang baik dalam pekerjaan sebaiknya semakin
diutamakan, guna tersedianya tes yang reliabel dan valid.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)