Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:18 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Kelas III B SDN 03 Pagi Tegal Alur
Bibliografi
Author:
LESTARI, HERTI
;
Agustian, Murniati
(Advisor)
Topik:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
;
Hasil Belajar
;
Pelajaran IPS
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Herti Lestari’s Undergraduate Theses.pdf
(6.45MB;
25 download
)
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah pembelajaran yang memerlukan kerja sama dalam bentuk kelompok yang mempelajari keterampilanketerampilan khusus untuk dapat menerima perbedaan antara anggota kelompok agar dapat bekerja sama dengan baik. Jigsaw adalah salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang menerapkan kerja kelompok dimana siswa harus lebih aktif untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik dalam kelompok asal maupun kelompok ahli yang setiap kelompoknya terdiri dari 4-6 orang. Hasil belajar merupakan kemampuan siswa yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan belajar pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dan semangat kerja, yang mencangkup aspek kognitif dan afektif. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran tentang lingkungan sosial yang berisi peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial, melalui mata pelajaran IPS dapat melatih siswa untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi sehingga akan menjadikan semakin mengerti dan memahami lingkungan social masyarakatnya. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS siswa kelas IIIB SDN 03 Pagi Tegal Alur. Subjek penelitian adalah peneliti yang berperan sebagai guru dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, guru kelas yang berperan sebagai observer, dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 32 siswa yang menerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu tes berupa pretes dan postes (kognitif) dan sikap (afektif), kemudian hasil yang diperoleh akan dianalisis cara statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Sedangkan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw , teknik yang digunakan adalah observasi, lalu hasil observasi yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap siklus. Hasil Belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai postes (Kognitif) 13,51 dan nilai ratarata hasil belajar sikap (afektif) siswa meningkat sebesar 20,46. Kemudian setiap nilai rata-rata hasil belajar kognitif dan afektif dibandingakan dengan nilai KKM IPS sebesar 75. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningakatan hasil belajar kognitif dan afektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IIIB SDN 03 Pagi Tegal Alur. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru perlu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu diharapkan sekolah mampu mendukung dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, serta mengadakan pelatihan bagi guru mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw guna meningkatkan hasil belajar dan kinerja guru.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)