Anda belum login :: 23 Nov 2024 20:36 WIB
Detail
BukuStrategi Penetrasi Pasar Spotify Pada Label Musik Indie dan Mayor di Indonesia
Bibliografi
Author: PRAKOSO, ROMULUS ANDRI ; Ardiyanto, Yohanes Eko Wahyu (Advisor)
Topik: Strategi Penetrasi; Strategi Joint Venture; Digital; Teknologi; Musik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Romulus Andri Prakoso’s Undergraduate Theses.pdf (4.54MB; 15 download)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi yang dilakukan Spotify untuk melakukan penetrasi pasar ke Indonesia. Penelitian ini menitik beratkan pada cara Spotify masuk ke pasar Indonesia dan pengaruhnya terhadap industri musik yang berada di Indonesia, mayor label dan indie label. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada Kontributor Spotify, Ruth Theodora Jans sebagai perwakilan dari mayor label Warner Music Internasional yang menjabat sebaga Internasional Marketing dan Dwilukita yang merupakan pemimpin dari perusahaan indie label Mikrogram. Selain itu analisis data sekunder dan observasi juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan strategi penetrasi terhadap pasar Indonesia serta hasil dari strategi yang berdampak pada sektor industri musik Indonesia. Hal yang diperhatikan dalam menyusun strategi penetrasi ke pasar Indonesia adalah (1) Lingkungan makro yang terdiri dari ekonomi makro, demografi,sosio-kultural, teknologi, politik dan hukum, (2) analisis kompetitif yang berdasar pada teori Porter yaitu ancaman pendatang baru, intensitas persaingan antar perusahaan di dalam industri, ancaman dari barang subtitusi, kekuatan tawar pembeli, kekuatan tawar pemasok, yang dimana akan menjadi dasar strategi Spotify dalam memasuki pasar Indonesia. Strategi yang diterapkan Spotify untuk masuk ke pasar Indonesia yang didukung oleh perusahaan lokal yaitu Indosat merupakan langkah yang tepat. Spotify mendapatkan pasar Indosat yang dimana sudah berkecimpung lama di dalam dunia provider telekomuikasi. Adanya kerjasama ini menunjukan bahwa Spotify dapat menjadi platform music streaming digital yang dapat menguasai pasar Indoneisa. Ada beberapa hambatan terjadi ketika Spotify ingin masuk ke pasar Asia terutama Indonesia seperti (1) bahasa yang berbeda-beda tiap daerah maupun negara di Asia. Tidak seperti negara Amerika yang negara bagiannya semua menggunakan bahasa Inggris. (2) daya beli masyarakat Indonesia yang dimana kelas menengah masyarakat Indonesia meningkat sehingga perlu diperhatikan tentang besaran biaya yang akan dikeluarkan, (3) metode pembayaran yang dapat diterima di pasar Indonesia. Keberadaan Spotify di Indonesia mengubah sistem industri musik Indonesia, indie label maupun mayor label menggunakan Spotify sebagai platform musik digital yang sangat diunggulkan. Dampak Spotify terhadap indie label menjadikan Spotify sebuah alternatif dalam mendistribusikan karya musisi yang lebih efisien dari segi biaya maupun waktu. Adanya hasil karaya musisi indie di Spotify, karya mereka bisa didengarkan di manapun secara mengglobal dan dapat menjadi salah satu pemasukan bagi musisi indie label. Juga memperkenalkan mereka dalam industri musik secara global. Terutama mayor label yang sangat tergantung hingga Spotify menjadi benchmark dari perusahaan mereka terkait dengan data-data musisi yang berada di bawah naungan label tersebut. Mayor label medapatkan keuntungan dengan meningkatkan keuntungan perusahaan dengan adanya musisi label mereka yang berada di chart musik dunia. Mayor label juga mendapatkan data akurat mengenai lagu yang berada di Spotify dan menjadi tolak ukur dalam menerapkan strategi. Secara garis besar, Spotif sudah sukses menjalankan kegiatan bisnisnya di Indonesia, hal itu tidak terlepas dari nama besarnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih lanjut oleh Spotify untuk melakukan penetrasi pasar di Indonesia seperti terms and conditions yang diterbitkan oleh pihak Spotify agar semua pihak mendapatkan keuntungan yang sama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)