Pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh guru kepada siswa dengan tujuan untuk membantu siswa agar hasil belajar yang diharapkan terjadi, serta dikuasai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar yaitu IPA. Di dalam pembelajaran IPA, siswa belajar mengenai peristiwa yang ada di alam, benda-benda yang ada dipermukaan bumi melalui pengamatan indra maupun yang tidak diamati indra, bereksperimen, dan menganalisis sehingga siswa tidak hanya dapat memahami konsep namun juga dapat mengembangkan keaktifan siswa dari kegiatan pembelajaran tersebut. Untuk dapat meningkatkan proses belajar siswa, guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. STAD adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok kecil 4-6 orang dengan 6 tahapan, yaitu presentasi kelas, kelompok, kius, skor kemajuan perseorangan, dan penghargaan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Cakung Timur 06 Pagi pada pelajaran IPA. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VA SDN Cakung Timur 06 Pagi dengan jumlah 32 peserta didik, 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu deskripsi data dari hasil observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes siklus I (kognitif) sebesar 9, yaitu dari 65 menjadi 74. pada siklus II nilai rata-rata pretes dan postes (kognitif) sebesar 14, yaitu dari 67 menjadi 81. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa mampu aktif menyampaikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi, siswwa aktif dalam bekerja sama dengan kelompok, aktif membaca, melatih diri dalam kerja kelompok, siswa mampu menjelaskan ide-ide yang dimilikinya. 2. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan pada pembelajaran IPA yaitu dengan cara siswa belajar di dalam kelompok yang dibentuk secara heterogen. Pada siklus pertama, siswa mempelajari materi cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungan, sedangkan pada siklus kedua siswa mempelajari materi cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Guru dapat menggunakan media atau alat peraga agar menarik perhatian siswa dan mempermudah siswa untuk memahami materi. Guru juga perlu memberikan penghargaan kecil-kecilan seperti pemberian bintang pada papan bulletin, sehingga siswa semakin termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran. |