Penerapan Teori Bruner adalah teori yang dipakai untuk meninkatkan hasil belajar siswa daiam rnata pelajaran matematika sudut melalui tiga tahap, yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik, Metode ini dapat digunakan untuk materi pengukuran sudut dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sudut adalah bagian yang terletak diantara 2 garis yang berpotongan yang bertemu pada satu titik. Satuan untuk mengukur sudut adalah busur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran sudut dengan penerapan teori Bruner untuk siswa kelas IV SDS Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Hasil belajar adalah merupakan suatu keberhasilan pada suatu tugas belajar dalam program pembelajaran. Hasil belajar memberi informasi seberapa jauh siswa telah berhasil melakukan tugas di sekolah. Penggunaan metode yang tepat oleh guru dapat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran yang ditujukkan oleh hasil pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus yang masing -masing dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian diadakan pada Juli sampai Desember 2017 dengan subjek penelitian 28 siswa kelas IVE instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal pretes, postes, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan telah meningkatkannya hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata = ratanya, Hal ini dapat dilihat dari nilai rata = rata postes siklus I yaitu 71,42 menjadi 79,28 pada postes siklus II. Begitu juga terjadi peningkatan pada rata - rata nilai LKS siklus I ke siklus II sebesar 8,22 poin, yaitu dari 85,35 menjadi 93,57. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar dalam pengukuran sudut yang memuat materi matematika. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ini, peneliti berharap agar guru menerapkan teori Bruner sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pengukuran sudut. |