Hasil belajar merupakan bukti pencapaian kemampuan belajar yang dimiliki siswa setelah melalui serangkaian kegiatan pembelajaran berdarkan tujuan pembelajaran yang telah di tentukan pada penelitian ini hasil belajar siswa dapat dilihar dari hasil kognitif dan afektif.. Hasil belajar ini dipengaruhi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif talking stick. Model pembelajaran kooperatif talking stick adalah model pembelajaran yang menekankan pada proses kerjasama di dalam kelompok dengan cara menggunakan stick apabila siswa ingin berbicara (bertanya dan menjawab pertanyaan) setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick pada tema teknologi. Tema teknologi adalah salah satu tema yang terdapat di dalam buku tematik kelas III yang digunakan di SD Abdi Siswa Bintaro membahas tentang mengenal sejarah uang (IPS) dan menghitung keliling persegi dan persegi panjang (Matematika). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti melalui dua siklus, dimana siklus pertama dilaksanakan dalam dua kali pertemuan sedangkan siklus dua dilaksanakan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SD Abdi Siswa Bintaro melalui penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick pada tema teknologi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III B SD Abdi Siswa Bintaro, hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 77,48 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 94,82. Jadi dapat disimpulkan kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I dan siklus II mengalami kenaikan sebesar 17,32. Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 58% dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%. Maka peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan Siklus II sebesar 42%. Jadi hasil belajar siswa kelas III B SD Abdi Siswa Bintaro meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif talking stick. Selain peningkatan hasil belajar siswa juga antusias dan aktif dalam kegitan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif talking stick yang menyenagkan dan membuat siswa aktif. |