Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:06 WIB
Detail
ArtikelStrategi Metro TV: Meghadapi Persaingan di Industri Pertelevisian Nasional (Sebuah Studi Kasus)  
Oleh: Alif, M. Gunawan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Journal of Business Strategy and Execution vol. 2 no. 1 (Nov. 2009), page 50-62.
Topik: Strategi; Media; Pertelevisian; Periklanan; Metro TV
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: BB84, BB84.1
    • Non-tandon: 2 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelDengan kian banyak stasiun TV, persaingan industri pertelevisian dewasa ini semakin kompleks. Metro TV sebagai stasiun TV yang dari awal kehadirannya memposisikan diri sebagai stasiun televisi berita, hingga saat ini masih terus konsisten dan bertahan di tengah persaingan yang terjadi. Tujuan penulisan studi kasus ini ingin menjelaskan posisi Metro TV sebagaikanal TV berita dalam menghadapi persaingan dengan stasiun TV lain yang memiliki program yang lebih beragam dan variatif. Dengan menganalisis data-data yang tersedia, didukung sejumlah teori, studi kasus ini diharapkan dapat menyajikan rekomendasi bagi Metro TV. Metodologi yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berfokus pada Metro TV sebagai salah satu stasiun televisi nasional Kesimpulan yang diperoleh dari studi ini memperlihatkan Strategi positioning televisi berita telah membuat Metro TV berada pada ceruk pasamya tersendiri. Sebuah diferensiasi yang membedakannya dengan stasiun TV yang lain. Meskipun demikian positioning ini memberikan konsekuensi perolehan revenue yang tidak semasif stasiun televisi general lainnya. Namun penerapan strategi efisiensi biaya produksi bisa menjadi altematif bagi Metro TV guna meraih profit dan bertahan di persaingan industri pertelevisian saat ini. Metro TV telah membangun positioning yang kuat sebagai news TV di benak masyarakat. Brand Metro TV telah begitu kuat diasosiasikan dengan televisi berita pertama di Indonesia. Ini menjadi salah satu kekuatan Metro TV yang tidak mudah ditandingi oleh kompetitomya. Melalui positioning concept dan positioning strategy sebagai stasiun TV berita, Metro TV dapat terus menjaga konsistensi untuk bermain di area audience SES AB+ yang berasal dari kelompok professional dan pengusaha yang memang memerlukan informasi dan berita sebagai target potensial Metro TV.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)