Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:59 WIB
Detail
ArtikelPsikologi Kognitif Sebagai Dasar Pengembangan Tes Kemampuan Dasar Membaca Bidang Sains  
Oleh: Rusilowati, Ani
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 13 no. 2 (2009), page 286-303.
Topik: Tes Kemampuan Dasar Membaca; Sains; Psikologi Kognitif
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP64
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji psikologi kognitif sebagai dasar pengembangan tes kemampuan dasar (fKD) membaca sains; (2) menentukan karakteristik TKD membaca sains yang dikembangkan; (3) menentukan kriteria penilaian dan cara menginterpretasikan hasil TKD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah siswa SD kelas 5 di kota Ungaran, kabupaten Semarang. Sampel dit6ntukan secara clustering random sampling, dengan ukuran 549 siswa. Insttumen berupa tes kemampuan dasar membaca, bertema Sains, berbentuk tes objektif 3 pilihan, sebanyak tiga buku tes. Analisis dilakukan dengan bantuan software microCat nEMAN; BIWG, dan USREL Hasil penelitian berupa: (1) tiga buku tes TKD-membaca yang telah diketahui karakteristik soalnya dan (2) TKD-meter sebagai alat interpretasi hasil tes kemampuan dasar membaca. Karakteristik soal TKD-membaca meliputi indeks tingkat kesukaran (berada pada kategori mudah sampai sukar) dan indeks daya beda (berada pada kategori baik). TKD-meter yang dihasilkan terdiri atas empat level. Level I merupakan level terendah, dan level IV merupakan level tertinggi. Siswa berada pada level I, setara dengan kemampuan siswa kelas 3 SD. Siswa berada pada level II, setara dengan kemampuan siswa ke1as 4 SD
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)