Anda belum login :: 30 Nov 2024 17:48 WIB
Detail
ArtikelModel Asesmen Kinerja Sekolah Berbasis Peserta Tidak  
Oleh: [s.n]
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 14 no. 1 (2010), page 100-122.
Topik: Asesmen; Kinerja sekolah; Berbasis Peserta Didik
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP64
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk melakukan validasi empiris terhadap model asesmen kinerja sekolah berdasarkan pada penilaian peserta didik sebagai customer: Validasi awal pada enam SMP negeri melibatkan 228 peserta didik. Validasi akhir melalui survei pada 30 SMP negeri melibatkan 1042 peserta didik. Pengumpulan data pada tahap a\val dan akhir maupun validasi data menggunakan angket. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, Analisis Faktor Model Konfirmatory (CF A) dan analisis validitas data dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konstruk kinerja sekolah memiliki empat dimensi, yaitu: praktik kepemimpinan sekolah, praktik pembelajaran, kondisi lingkungan dan iklim akademik, dan peran serta orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan; (2) model asesmen kinerja sekolah berdasarkan sumber data peserta didik valid secara metodologis, dilihat dari konsistensinya dengan hasil asesmen pihak pemberi layanan, baik kepala sekolah maupun guru. Hasil ini dapat ditafsirkan bahwa peserta didik merupakan salah satu sumber data yang valid untuk digunakan dalam asesmen kinerja sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)