Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif, yang anggotanya terdiri dari 4 sampai dengan 6 orang, dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Pembelajaran kooperatif penting untuk dikembangkan oleh siswa dalam rangka belajar bersama dan pembelajaran ini dapat digunakan pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu pembelajaran terpadu yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Melalui pembelajaran yang bermakna bagi siswa, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dilihat melalui keberhasilan siswa setelah mengikuti pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur II dalam pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, hasil dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur II dengan menggunakan model kooperatif jigsaw pada pembelajaran tematik. 2. Pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 82 dan pada siklus kedua rata-rata nilai siswa adalah 87. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya pelatihan guru untuk menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik sehingga pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan dan kondusif. |