Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk tnctigetahui implcmentasi strategi Customer Relations dalam membangun citra RSUD Tarakan. Teori yang digunakan olch pcncliti dalam penelitian ini adalah tcuri strategi public relations, teori implcmentasi strategi public relations, teori customer relations. leori customer affairs, teori corporate image (citra perusahaan). Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan tcknik pengumpulan data dari mclodc wawancara mcndalam tidak terstruktur (depth interview), wawancara tcrstruktur, dan dokumentasi (studi dokumen). Analisis hasil penelitian ini menunjukkan hahwa implemenlasi strategi PR dalam customer relations mclalui program SMS Pclanggan di RSUD Tarakan dalam membangun citra perusahaan mcmang sccara konscptual sudah cukup. dan sesuai dengan teori. namun pada praktiknya ditemukan pcncliti hahwa adanya kctidakselarasan antara konscp dengan praktiknya di lapangan. Schingga dari sampel partisipan yang diwawancara banyak yang tidak mcrasakan efektivitas layanan SMS Pclanggan karcna tidak ditanggapi dan menyebabkan partisipan pclanggan memiliki pandangan negatit' tcrhadap RSUD Tarakan. Ditemukan juga ketidaksclarasan data dokumen SMS Pclanggan dengan hasil wawancara partisipan pclanggan. Schingga diperlukan penelitian lanjutan secara komprehensif untuk mcngidentifikasi penychah pastinya. Schingga dapat menjadi bahan rcflcksi bagi rumah sakit untuk memperbaiki |