Anda belum login :: 27 Nov 2024 15:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pemahaman Materi Pendidikan Kependudukan dengan Pendekatan ELM (Studi Analisis Proses Belajar Materi Pendidikan Kependudukan kepada Siswa Kelas 1-3 SD ST. Markus - Jakarta)
Bibliografi
Author:
Setianingsih, Yovita Elvie
;
Kartikawangi, Dorien
(Advisor)
Topik:
Kependudukan
;
ELM
;
Jalur Sentral
;
Motivasi
;
Kognitif
;
Tesis Ilkom
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Magister Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2014
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
yovita elvie-tesis-FISIP-fulltext - 2014.pdf
(3.65MB;
2 download
)
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang pemahaman materi pendidikan kependudukan terhadap informan yang merupakan anak anak kelas 1 3 SD melihat bahwa anak sebagai aset perlu memahami tentang konsep konsep dasar kependudukan ditambah lagi adanya bonus demografi yaitu keadaan dimana akan banyak jumlah penduduk usia produktif yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 serta akan adanya ledakan lansia pada tahun 2050 tentu anak anak yang masih belia saat ini akan menjadi penentu kebijakan pada tahun 2030 dan 2050 nanti Maka tentu sangat tepat memberikan pemahaman tentang konsep konsep dasar kependudukan sedari dini Hasil dari proses pemahaman sekarang tidak dapat dilihat dalam 2 3 tahun mendatang tetapi akan terlihat hasilnya 5 10 tahun kemudian Karena kependudukan itu sendiri sangat luas maka peneliti menfokuskan kepada 5 issue kependudukan yang masih hangat dalam topik global yaitu jumlah dan pertumbuhan penduduk penduduk usia lanjut penduduk usia produktif urbanisasi dan remaja Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan ELM dimana melihat apakah informan siswa kelas 1 3 SD menggunakan jalur sentral atau central route ataukah memilih jalur peripheral dalam memproses informasi tentang materi pendidikan kependudukan Metode utama yang digunakan adalah wawancara terhadap informan masing masing 5 orang kelas 1 5 orang kelas 2 dan 5 orang kelas tiga Sebelum itu juga peneliti mensosialisasikan materi pendidikan kependudukan dengan memaparkan 5 materi tersebut kepada informan Metode lain yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari beberapa buku tentang pendidikan dan kependudukan dokumen dokumen serta artikel artikel terkait Hasil penelitian dalam hasil karya ini antara lain bahwa informan kelas 1 2 dan 3 dapat memproses informasi tentang pendidikan kependudukan berdasarkan 5 issue yaitu jumlah dan pertumbuhan penduduk penduduk usia produktif penduduk lanjut usia urbanisasi dan remaja melalui jalur sentral yang memikirkan argumen secara aktif dan menanggapinya dengan hati hati maka hal tersebut mengarahkannya pada perubahan yang permanen yang mungkin mempengaruhi bagaimana ia berperilaku sebenarnya dengan dimensi yang mempengaruhi yaitu motivasi dari informan dan tingkat kognitif dari informan Dengan demikian dapat terjadi perubahan sikap pengetahuan dan perilaku dari informan untuk lebih peduli terhadap permasalahan kependudukan yang kelak akan mereka hadapi ketika mereka dewasa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)