Rendahnya motivasi belajar mahasiswa terutama pada partisipasi dalam perkuliahan banyak diyakini dipengaruhi oleh kompetensi komunikasi dosen dan iklim komunikasi perkuliahan. Seberapa besar pengaruh kompetensi komunikasi dosen dan iklim komunikasi terhadap motivasi belajar, belum diperoleh gambaran yang jelas. Dengan alasan tersebut, penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh kompetensi komunikasi dosen dan iklim komunikasi suportif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Kompetensi komunikasi dosen dapat dilihat dari pengetahuan, motivasi, dan keterampilan yang dimilikinya dalam berkomunikasi. Sedangkan iklim komunikasi suportif dapat terbentuk melalui interaksi antara pimpinan dan anggota dimana pimpinan mampu menempatkan diri sejajar dengan anggota, bicara terbuka dan spontan, menciptakan kenyamanan dalam berkomunikasi, dan empatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif, dengan metode survei, yaitu menyebarkan kuesioner dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling, dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi dosen memberikan kontribusi yang lebih besar dibanding iklim komunikasi suportif terhadap motivasi belajar. Namun, motivasi belajar juga dipengaruhi oleh faktor lain diluar kompetensi komunikasi dosen dan iklim komunikasi, antara cita-cita, keinginan belajar, keinginan berprestasi, penghargaan, dan lingkungan. |