Castle of Cake atau “C.o.C” merupakan perencanaan bisnis berbasis home industry yang bergerak dalam industri kuliner dalam fokus bentuk produk kue khas luar negeri dipadukan dengan citarasa khas Indonesia. Alasan bisnis ini dibuat berawal dari banyaknya kegemaran masyarakat Indonesia terutama di Jakarta mengenai kue-kue luar negeri, keinginan untuk mencicipi kue yang unik dan membagikan ke jejaring media sosial. Visi “C.o.C” adalah “Menjadi market leader usaha fusion cake dengan varia rasa khas Indonesia.” Dan misi dari “C.o.C” adalah memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan dan mendapatkan laba. Sebagai bisnis baru yang dalam perkembangan “C.o.C” perlu menanamkan brand awareness terhadap masyarakat yang dapat dilakukan melalui media sosial dan word of mouth. Pada tahap pengembangan bisnis ini dilakukan dengan mengikuti bazaar atau event yang diadakan pihak-pihak pengelola mall di Jakarta sehingga mudah dijangkau calon konsumen. Tahap pengembangan selanjutnya adalah meluncurkan produk varian baru serta mendirikan booth-booth kecil dalam mall dan membangun toko sendiri. Perencanaan bisnis ini membutuhkan startup cost sebesar Rp26.651.720 dengan perhitungan proforma keuangan memperoleh omzet sebesar Rp142.565.000 dan perolehan total aset dan modal pemilik sebesar Rp36.420.340 sehingga bisnis ini layak untuk dijalankan. |