Anda belum login :: 25 Nov 2024 13:11 WIB
Detail
BukuDeterminasi Diri Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Pendidikan Dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta
Bibliografi
Author: GUSLIANTI, AURELIA EVI ; Mamahit, Henny Christine (Advisor)
Topik: Determinasi Diri; Mahasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Aurelia Evi Guslianti’s Undergraduate Theses.pdf (6.04MB; 41 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-566
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Determinasi diri merupakan kemampuan individu untuk mencapai tujuan dalam hidupnya berlandaskan pada kebutuhan kompetensi, otonomi dan keterkaitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinasi diri mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data Penelitian berjumlah 104 mahasiswa angkatan 2014 FPB Unika Atma Jaya Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur variabel determinasi diri. Instrumen terdiri dari tiga komponen dan Sembilan indikator dengan 48 pernyataan. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS (Statistical package for social science) versi 22,00. Hasil uji coba instrumen determinasi diri menghasilkan reliabilitas sebesar 0,957 dengan 48 pernyataan yang valid. Analisis data pada instrumen melihat dari frekuensi (f) dan Persentase (%) Hasil analisis menunjukkan bahwa Secara umum mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) Unika Atma Jaya Jakarta memiliki klasifikasi variabel determinasi diri yang tinggi sebesar 79,80%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2014 FPB Unika Atma Jaya mampu mengenali diri dan kehendak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil distribusi rata-rata skor variabel determinasi diri tiap komponen ditemukan bahwa terdapat dua komponen yang menunjukkan tingginya determinasi diri mahasiswa yaitu komponen kompetensi, sedangkan komponen yang paling rendah atau kurang dominan adalah komponen otonomi. Semua program studi Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) angkatan 2014 memiliki skor yang tertinggi pada komponen kompetensi dan komponen keterkaitan dan skor terendah pada komponen otonomi. Hasil penelitian ini dilihat dari distribusi skor rata-rata komponen determinasi diri dari tiap program studi. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran kepada Wakil Dekan I agar diharapkan untuk mempertahankan determinasi diri mahasiswa. Kepala Program Studi agar diharapkan dapat bekerja sama dengan dosen untuk membangun motivasi mahasiswa guna meningkatkan determinasi diri mahasiswa terhadap tujuan yang akan diambil serta memberikan seminar (misalnya: sharing dari alumni) atau pelatihan untuk mempersiapkan mahasiswa semakin matang sebelum memasuki dunia pekerjaan.Penasehat akademik diharapkan dapat melakukan bimbingan kepada mahasiswa untuk memiliki otonomi, memahami dan menerima diri sendiri, serta memberikan dukungan akan pilihan peminatan yang telah diambil. Mahasiswa FPB secara keseluruhan diharapkan meningkatkan kemampuan determinasi diri dengan memaksimalkan minat dan bakat dengan cara aktif mengikuti kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas guna meraih kesempatan untuk dapat bersosialisasi dan dapat mengambil kesempatan untuk belajar cara mengambil keputusan dalam suatu kelompok.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)