BMC (Business Model Canvas) merupakan model bisnis yang memillki sembilan blok. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menganalisis apakah BMC mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis, pentingnya BMC akan kemajuan sebuah bisnis dan apa saja faktor yang. Mengingat banyaknya usaha yang berhasil bertahan untuk kurun waktu yang cukup lama, tetapi apakah usaha tersebut menggunakan model bisnis untuk start up bisnis mereka. Penelitian ini dilakukan terhadap sepuluh usaha yang terdapat di wilayah Bandung yang bersedia untuk di wawancarai. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam dan untuk pengolahan datanya, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa sepuluh usaha yang diwawancarai terbukti menggunakan model bisnis BMC tanpa mereka ketahui. Walaupun tidak sempurna dalam sembilan blok, hanya beberapa blok saja. Namun, dapat ditarik kesimpulan bahwa kehadiran BMC sangat membantu dalam membangun sebuah usaha dan teori BMC masih bisa digunakan. |