RAIJUA Toke Bag merupakan sebuah bisnis kerajinan tangan yang bergerak di bidang fesyen atau gaya hidup khususnya tas dalam jenis tote bag dirancang dengan menggunakan desain tie dye. Visi RAIJUA Toke Bag adalah menjadi perusahaan penghasil tote bag dengan desain tie dye terbaik di Indonesia dan misi guna meraih visi tersebut adalah meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan pemasaran dan tingkat bersaing perusahaan, mengembangkan produk menjadi produk yang unik dan berbeda dari produk tote bag lainnya namun tetap menjaga kualitas dari produk perusahaan serta menjalankan produksi guna mendukung pengurangan penggunaan plastik oleh manusia di Indonesia. Diperoleh dari data dari Jambeck (2015) bahwa tingkat penggunaan plastik di Indonesia mencapai 187,2 juta ton dan faktor tersebut memberikan peluang bagi RAIJUA Toke Bag untuk menghasilkan produk yang menjadi barang subtitusi plastik yaitu tote bag yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali (reusable). Strategi pasar yang dilakukan oleh RAIJUA Toke Bag berfokus dalam meningkatkan pemasaran melalui media sosial, Tokopedia.com dan berpartisipasi dalam event local brand market di Jakarta. Dari faktor keuangan, modal awal untuk mendirikan RAIJUA Toke Bag adalah sebesar Rp14.019.000,- dengan target penjualan yang dihasilkan pada tahun pertama mencapai Rp79.200.000,-. Proyeksi laba bersih yang dihasilkan dari tahun 2018-2022 berturut-turut adalah sebesar Rp21.940.000,-; Rp32.758.880,-; Rp46.468.477,- ; Rp66.437.102,- ; dan Rp89.058.521,-. |