Roti merupakan salah satu produk pangan yang semakin digemari. Dewasa ini, semakin banyak bermunculan perusahaan toko roti yang menawarkan beragam roti dengan konsep yang berbeda-beda. Penelitian ini fokus pada persaingan antara perusahaan BreadTalk, salah satu market leader dalam bisnis toko roti modern dan perusahaan Tous Les Jours, pesaing baru dalam bisnis toko roti. Peneitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah perusahaan Tous Les Jours memiliki kualitas produk dan atmosfir toko yang lebih baik dari perusahaan BreadTalk. Dimana penelitian ini mengambil sampel dengan metode convenience sampling pada populasi jemaat muda Gereja GBI Sudirman. Penelitian ini mengukur perbedaan kualitas produk dan atmosfir toko perusahaan BreadTalk dan Tous Les Jours dengan menggunakan metode uji t dua sampel independen dengan nilai a sebesar 0,05. Dari hasil penelitian ini, didapatkan juga bahwa kualitas produk maupun atmosfir toko perusahaan Tous Les Jours lebih baik dibandingkan perusahaan BreadTalk. Dimana perbedaan yang paling siginifikan terdapat pada faktor atmosifr toko yang memiliki hasil jauh melebihi BreadTalk. Yang berarti bahwa dewasa ini, faktor atribut fisik toko seperti atmosfir toko memegang peranan kunci dalam menciptakan kelebihan dan keunggulan terhadap pesaing. |