Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:40 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas 2 A SDN Sukatani 2
Bibliografi
Author: KARISNA, DINDA AYU ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Metode Quantum Learning; Kelancaran Membaca
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Dinda Ayu Karisna’s Undergraduate Theses.pdf (765.08KB; 9 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-426
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Metode Quantum Learning merupakan metode yang berperinsip bahwa sugesti dapat dan pasti memengaruhi hasil situasi belajar. Beberapa teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukan murid secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, serta memberikan semangat membaca melalui 6 tahapan TANDUR yaitu Tandai, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Metode Quantum Learning dapat diterapkan di berbagai pembelajaran termasuk dalam pembelajaran bahasa indonesia terutama untuk kelancaran membaca. Kelancaran membaca adalah kemampuan membaca wacana secara tepat, cepat, dan menggunakan irama. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode Quantum Learning untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas II A SDN Sukatani 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sukatani 2 yang berjumlah 38 orang yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan siklus I, siklus II, dan Siklus III dengan mated membaca puisi mengenai lingkungan, tempat umum, dan kegemaran. Rata- rata nilai yang didapat pada siklus I dalam membaca puisi mengenai "lingkungan" pada aspek pelafalan adalah 2,6 Poin, pada aspek intonasi 2,5 dan pada aspek kelancaran membaca adalah 2,7 dari skor maksimal 4. siklus II pada materi membaca puisi mengenai "tempat umum", rata-rata yang didapatkan pada aspek pelafalan Metode Quantum Learning merupakan metode yang berperinsip bahwa sugesti dapat dan pasti memengaruhi hasil situasi belajar. Beberapa teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukan murid secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, serta memberikan semangat membaca melalui 6 tahapan TANDUR yaitu Tandai, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Metode Quantum Learning dapat diterapkan di berbagai pembelajaran termasuk dalam pembelajaran bahasa indonesia terutama untuk kelancaran membaca. Kelancaran membaca adalah kemampuan membaca wacana secara tepat, cepat, dan menggunakan irama. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode Quantum Learning untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas II A SDN Sukatani 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sukatani 2 yang berjumlah 38 orang yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan siklus I, siklus II, dan Siklus III dengan mated membaca puisi mengenai lingkungan, tempat umum, dan kegemaran. Rata- rata nilai yang didapat pada siklus I dalam membaca puisi mengenai "lingkungan" pada aspek pelafalan adalah 2,6 Poin, pada aspek intonasi 2,5 dan pada aspek kelancaran membaca adalah 2,7 dari skor maksimal 4. siklus II pada materi membaca puisi mengenai "tempat umum", rata-rata yang didapatkan pada aspek pelafalan
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)