Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:29 WIB
Detail
BukuPeningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN XI JATIASIH-BEKASI
Bibliografi
Author: HARSONO, TARSISIUS ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Kemampuan Berbicara; Media Gambar; Pembelajaran Bahasa Indonesia SD.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Tarsisius Harsono’s Undergraduate Theses.pdf (1.59MB; 6 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-421
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Berdasarkan aspek-aspek kemampuan berbahasa, berbicara merupakan salah astu dari empat kemampuan berbahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seseorang. Bahkan, keberhasilan seseorang dalam proses belajar mengajar dapat juga ditentukan oleh terampil atau tidaknya seseorang untuk berbicara. Karena itulah, sudah seharusnya di sekolah-sekolah, terutama sekolah dasar (SD), membekali peserta didiknya dengan melatih kemampuan berbicara siswa. Menurut Tarigan (2008: 29) kemampuan berbicara secara efektif merupakan suatu unsur penting terhadap keberhasilan kita dalam semua bidang kehidupan. Namun, pada kenyataanya, guru sekolah dasar (SD) saat ini lebih menekankan pelajaran bahasa Indonesia pada tata bahasa dari pada bagimana penggunaan bahasa itu sendiri sehingga siswa masih mengalami kesulitan ketika mengekspresikan sesuatu. Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara karena media gambar dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri XI Jatiasih-Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diharapkan dapat membantu peneliti dalam melaksanakan penelitian. Pada penelitian ini, peneliti merancang pelaksanaan pembelajaran dalam PTK dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I peneliti merancang kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar agar dengan media gambar siswa berani dan percaya diri untuk berbicara di depan kelas, dan pada siklus II, peneliti tetap menggunakan media gambar, tetapi dengan topik pembahasan yang berbeda Berdasarkan hasil analisis data pada tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas, yaitu 65 menjadi 75. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa mulai memahami cara mendeskripsikan gambar dalam kegiatan berbicara. Peningkatan terlihat dari peningkatan per aspek penilaian berbicara siswa yang berubah ke arah lebih baik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarakan bagi guru sekolah dasar untuk menerapkan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)